Kamis, 29 Maret 2012

RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMK
:
SMK NEGERI 1 KALIGONDANG
Mata Pelajaran
:
Kewirausahaan
Kelas/  Semester
:
X / 1
Standar Kompetensi
:
Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
Kompetensi Dasar
:
1.1 Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha
Indikator
:
Keberhasilan dan kegagalan wirausahaan diidentifikasi berdasarkan sikap dan perilaku dalam keseharian
Alokasi Waktu
:
10  X 45 menit



A. Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu memahami dan mengetahui sikap dan perilaku wirausahawan dan mampu mengaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari

B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian wirausaha, tujuan dan manfaatnya
2. Latar belakang, maksud dan tujuan  Inpres no.4 tahun 1995
3. Beberapa sifat dasar wirausaha
4. Karakteristik wirausaha

C. Metode Pembelajaran
      a.   Diskusi
      b.   Tanya jawab
      c.   Ceramah bervariasi
      d.   Pemberian tugas

D. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
     
      Pertemuan 1 dan 2         
        1.   Kegiatan Pendahuluan
            - Adaptasi lingkungan kelas
            - Presensi kehadiran siswa
            - Pretest awal secara lisan terhadap yang akan disampaikan

      2.   Kegiatan Inti
                A.  Eksplorasi
                  1.   Melibatkan siswa mencari informasi tentang kompetensi / tema secara luas
Ø  guru menjelaskan materi pengertian wirausaha, tujuan dan manfaatnya, siswa diminta untuk mendefinisikan pengertian materi
                  2.   Menggunakan berbagai pendekatan, media dan sumber lain
Ø  Siswa diminta membaca buku yang terkait dengan materi pengertian wirausaha, tujuan dan manfaatnya
                  3.   Melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran
Ø  Secara bergantian menanyakan materi yang diajarkan untuk menangkap feedback dari peserta didik
            B.  Elaborasi
                  1.   membiasakan peserta didik membaca dan me­nulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
Ø  Siswa diminta mencatat materi yang penting atau yang belum ada pada buku materi
                  2.   memberi kesempatan untuk berpikir, menga­nalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Ø  meminta siswa untuk menjawab pertanyaan baik lisan maupun tulisan tentang materi yang sedang diajarkan
            C.  Konfirmasi

                  1.   Memberikan umpan balik dalam bentuk lisan, isyarat hadiah atas keberhasilannya
Ø  Guru memberikan ucapan selamat atau aplaus kepada siswa yang berani menjawab pertanyaan guru baik betul maupun salah untuk memancing siswa supaya berfikir kreatif
                  2.   Memfasilitasi siswa memperoleh pengalaman  yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
Ø  Guru memberi kesempatan bertanya kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum diketahui
Ø  Guru membantu memberikan rambu-rambu penyelesaian persoalan yang belum dipahami siswa

      3.   Kegiatan Penutup
                -  Meresume materi yang diajarkan secara singkat
            - Evaluasi secara tertulis materi yang telah diajarkan
            -  Kegiatan ditutup dengan bacaan Hamdallah dan Salam


Pertemuan 3 
        1.   Kegiatan Pendahuluan
            - Adaptasi lingkungan kelas
            - Presensi kehadiran siswa
            - Pretest awal secara lisan terhadap yang akan disampaikan

      2.   Kegiatan Inti
                A.  Eksplorasi
                  1.   Melibatkan siswa mencari informasi tentang kompetensi / tema secara luas
Ø  guru menjelaskan materi latar belakang, maksud dan tujuan diterbitkannya Inpres no. 4 tahun 1995, siswa diminta untuk mendefinisikan pengertian materi
                  2.   Menggunakan berbagai pendekatan, media dan sumber lain
Ø  Siswa diminta membaca buku yang terkait dengan materi latar belakang, maksud dan tujuan diterbitkannya Inpres no. 4 tahun 1995
                  3.   Melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran
Ø  Secara bergantian menanyakan materi yang diajarkan untuk menangkap feedback dari peserta didik
            B.  Elaborasi
                  1.   membiasakan peserta didik membaca dan me­nulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
Ø  Siswa diminta mencatat materi yang penting atau yang belum ada pada buku materi
                  2.   memberi kesempatan untuk berpikir, menga­nalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Ø  meminta siswa untuk menjawab pertanyaan baik lisan maupun tulisan tentang materi yang sedang diajarkan
            C.  Konfirmasi

                  1.   Memberikan umpan balik dalam bentuk lisan, isyarat hadiah atas keberhasilannya
Ø  Guru memberikan ucapan selamat atau aplaus kepada siswa yang berani menjawab pertanyaan guru baik betul maupun salah untuk memancing siswa supaya berfikir kreatif
                  2.   Memfasilitasi siswa memperoleh pengalaman  yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
Ø  Guru memberi kesempatan bertanya kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum diketahui
Ø  Guru membantu memberikan rambu-rambu penyelesaian persoalan yang belum dipahami siswa

      3.   Kegiatan Penutup
                -  Meresume materi yang diajarkan secara singkat
            - Evaluasi secara tertulis materi yang telah diajarkan
            -  Kegiatan ditutup dengan bacaan Hamdallah dan Salam

Pertemuan 4
        1.   Kegiatan Pendahuluan
            - Adaptasi lingkungan kelas
            - Presensi kehadiran siswa
            - Pretest awal secara lisan terhadap yang akan disampaikan

      2.   Kegiatan Inti
                A.  Eksplorasi
                  1.   Melibatkan siswa mencari informasi tentang kompetensi / tema secara luas
Ø  guru menjelaskan materi pengertian sifat-sifat dasar wirausaha  yang berbeda, siswa diminta untuk mendefinisikan pengertian materi
                  2.   Menggunakan berbagai pendekatan, media dan sumber lain
Ø  Siswa diminta membaca buku yang terkait dengan materi pengertian sifat-sifat dasar wirausaha  yang berbeda
                  3.   Melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran
Ø  Secara bergantian menanyakan materi yang diajarkan untuk menangkap feedback dari peserta didik
            B.  Elaborasi
                  1.   membiasakan peserta didik membaca dan me­nulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
Ø  Siswa diminta mencatat materi yang penting atau yang belum ada pada buku materi
                  2.   memberi kesempatan untuk berpikir, menga­nalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Ø  meminta siswa untuk menjawab pertanyaan baik lisan maupun tulisan tentang materi yang sedang diajarkan
            C.  Konfirmasi

                  1.   Memberikan umpan balik dalam bentuk lisan, isyarat hadiah atas keberhasilannya
Ø  Guru memberikan ucapan selamat atau aplaus kepada siswa yang berani menjawab pertanyaan guru baik betul maupun salah untuk memancing siswa supaya berfikir kreatif
                  2.   Memfasilitasi siswa memperoleh pengalaman  yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
Ø  Guru memberi kesempatan bertanya kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum diketahui
Ø  Guru membantu memberikan rambu-rambu penyelesaian persoalan yang belum dipahami siswa

      3.   Kegiatan Penutup
                -  Meresume materi yang diajarkan secara singkat
            - Evaluasi secara tertulis materi yang telah diajarkan
            -  Kegiatan ditutup dengan bacaan Hamdallah dan Salam



Pertemuan 5 
        1.   Kegiatan Pendahuluan
            - Adaptasi lingkungan kelas
            - Presensi kehadiran siswa
            - Pretest awal secara lisan terhadap yang akan disampaikan

      2.   Kegiatan Inti
                A.  Eksplorasi
                  1.   Melibatkan siswa mencari informasi tentang kompetensi / tema secara luas
Ø  guru menjelaskan materi pengertian karakteristik wirausaha, siswa diminta untuk mendefinisikan pengertian materi
                  2.   Menggunakan berbagai pendekatan, media dan sumber lain
Ø  Siswa diminta membaca buku yang terkait dengan materi pengertian karakteristik wirausaha
                  3.   Melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran
Ø  Secara bergantian menanyakan materi yang diajarkan untuk menangkap feedback dari peserta didik
            B.  Elaborasi
                  1.   membiasakan peserta didik membaca dan me­nulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
Ø  Siswa diminta mencatat materi yang penting atau yang belum ada pada buku materi
                  2.   memberi kesempatan untuk berpikir, menga­nalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Ø  meminta siswa untuk menjawab pertanyaan baik lisan maupun tulisan tentang materi yang sedang diajarkan
            C.  Konfirmasi

                  1.   Memberikan umpan balik dalam bentuk lisan, isyarat hadiah atas keberhasilannya
Ø  Guru memberikan ucapan selamat atau aplaus kepada siswa yang berani menjawab pertanyaan guru baik betul maupun salah untuk memancing siswa supaya berfikir kreatif
                  2.   Memfasilitasi siswa memperoleh pengalaman  yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
Ø  Guru memberi kesempatan bertanya kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum diketahui
Ø  Guru membantu memberikan rambu-rambu penyelesaian persoalan yang belum dipahami siswa

      3.   Kegiatan Penutup
                -  Meresume materi yang diajarkan secara singkat
            - Evaluasi secara tertulis materi yang telah diajarkan
                        -           Kegiatan ditutup dengan bacaan Hamdallah dan Salam



E. ALAT/ BAHAN/ SUMBER AJAR
      1. Buku Pelajaran penerbit Armico
      2. Buku pelajaran penerbit Yudistira
      3. Buku LKS
      4. Modul Pembelajaran
      5. Buku Bank Soal
      6. Notebook / Laptop
      7. LCD
      8. BSE      
           


F. PENILAIAN

1.      Teknik Penilaian
·         Tanya jawab langsung
·         Mengerjakan soal di papan tulis
·         Tes tertulis

2.      Bentuk Instrumen
-      Soal lisan
-      Soal uraian

3.      Soal / instrumen
a.   Soal Utama
1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan wirausaha dan kewirausahaan !
2.      Apa perbedaan yang mencolok antara wirausaha dan kewirausahaan !
3.      Apa tujuan adanya wirausaha pada umumnya ?
4.      Manfaat apa yang dirasakan dengan adanya wirausaha ?
5.      Jelaskan secara konkrit sumbangan wirausaha bagi pembangunan nasional !
( Kunci Jawaban dan Norma Penilaian terlampir)
b.   Soal Remidi
1.      Sebutkan Faktor-faktor yang menjadi dasar diterbitkan Inpres No. 4 th 1995
2.      Apa maksud diterbitkannya Inpres No. 4 th 1995 bagi warausaha ?
3.      Apa manfaat diterbitkannya Inpres No. 4 th 1995 bagi warausaha ?
( Kunci Jawaban dan Norma Penilaian terlampir)
c.   Soal Pengayaan
1.      Bagi sebagian wirausaha manfaat  Inpres No. 4 th 1995 sangat membantu, jelaskan kegiatan apa yang dimaksud !
2.      Bagaimana penerapan Inpres No. 4 th 1995 pada kehidupan birokrasi di Indonesia ?



Purbalingga,   5 Juli  2010


            Mengetahui,                                                    Guru Mata Pelajaran
            Kepala Sekolah                                                Kewirausahaan




            Drs. Kusmanto                                                 Muginah, S.Pd
            NIP. 19600929 198703 1 006                                NIP. 19730520 200801 2 005

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More