Kamis, 29 Maret 2012

Kurikulum

Kurikulum Kewirausahaan SMK Negeri 1 Kaligondang Kab. Purbalingga

NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 1 KALIGONDANG







MATA PELAJARAN : KEWIRAUSAHAAN







KELAS/SEMESTER : 1\1








STANDART KOMPETENSI : Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha







KODE KOMPETENSI :








ALOKASI WAKTU :




















STANDART KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR



TM PS PI

1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha 1.1.Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha Menjelaskan ruang lingkup kewirausahaan Pengertian dan ruang lingkup kewirausahaan Menjelaskan pengertian kewirausahaan, wirausaha dan wirausahawan. Unsur, sasaran dan manfaat kewirausahaan * Tes tertulis           * Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio                                          * Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio 6 1 1 Kewirausahaan 1, Drs Anting Tedja S.; Kewirausahaan 1, Mardiyatmo, LKS Kewirausahaan 1

    Disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovasi, mandiri dan selalu bekerja dengan berprestasi
Karakteristik wirausahawan yang meliputi: disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif, inovatif, mandiri dan realistis Mengetahui dan mengimplementasikan karakteristik wirausahawan yang meliputi: disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realistis dalam kehidupan sehari-hari dan lingkungan siswa          

    Kebeberhasilan dan kegagalan wirausahawan   diidentifikasi berdasarkan sikap dan   perilakunya dalam keseharian
Mengidentifikasi kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan          • Menyimpulkan karakteristik wirausahawan yang berhasil dan yang gagal
• Menghargai karya dan pengalaman orang lain sebagai masukan bagi pengembangan diri
Mengetahui cara mengidentifiikasi dan menerapkan 10 ke-gagalan dan keber-hasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan dalam keseharian siswa di sekolah dan lingkungan           

  1.2.Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) • Kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi :
- Kerja ikhlas
- Kerja mawas >< emosional
- Kerja cerdas
- Kerja keras
- Kerja tuntas
* Pengertian, tujuan, manfaat perilaku kerja prestatif                              * Perilaku kerja prestatif meliputi kerja iklas, kerja mawas, kerka cerdas, kerja keras dan kerja tuntas.                                 * Prinsip cara kerja prestatif *Mengetahui pengertian, tujuaan dan manfaat perilaku kerja prestatif            * menjelaskan cara kerja prestatif                              * Menerapkan perilaku kerja prestatif dalam kehidupan sehari di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat * Tes tertulis           * Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio                                          * Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio 5 2 1 Kewirausahaan 1, Drs Anting Tedja S.; Kewirausahaan 1, Mardiyatmo, LKS Kewirausahaan 1

  1,3 Merumuskan solusi masalah Masalah diidentifikasi, dirumuskan dan dianalisis, dengan percaya diri
Pengertian masalah  Mengetahui pengertian, ciri-ciri dan jenis-jenis masalah * Tes tertulis           * Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio                                          * Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio 6 2   Kewirausahaan 1, Drs Anting Tedja S.; Kewirausahaan 1, Mardiyatmo, LKS Kewirausahaan 1

    Berpikir kreatif
Membedakan masalah dan bukan masalah Perbedaan masalah dan bukan masalah,         

    Kecakapan mengolah informnasi, 
Teknik  pemecahan masalah dan pembuatan keputusan Mengetahui teknik pemecahan masalah dan pengambilan keputusan serta menerapkan dalam kehidupan aktivitas keseharian  di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.        

    Kecakapan memecahkan masalah,
Identifikasi masalah dan mencari penyebabnya Mengidentifikasi masalah dan mencari penyebab terjadinya masalah         

    Kecakapan bekerjasama dengan teman sekerja
Mencari dan menentukan alternatif pemecahan masalah Menentukan alternatif pemecahan permasalahan        

    Alternatif perumusan solusi masalah berdasarkan hasil analisis
Pertimbangan dalam merumuskan solusi masalah dan dampak dari pengambilan keputusan          

  1,4 Mengembangkan semangat wirausaha Menciptakan daya saing sesuai dengan instrumen penilaian
Inovatif, kreatifitas, motivasi dan sikap bekerja efektif dan efisien Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha * Tes tertulis           * Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio                                          * Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio 6 2   Kewirausahaan 1, Drs Anting Tedja S.; Kewirausahaan 1, Mardiyatmo, LKS Kewirausahaan 1

    Menciptakan sikap selalu ingin maju sesuai dengan instrumen penilaian
  Mengetahui pengertian-pengertian inovasi, kreatifitas dan motivasi        

    Meningkatkan sikap disiplin dan etos kerja dengan instrumen penilaian
  Mengetahui prinsip-prinsip kerja yang efektif dan efisien         

   
Menumbuhkan kreativitas dan inovatif siswa sesuai dengan instrumen penilaian 
  Menerapkan faktor pengaruh semangat kerja dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan        

  1,5Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain Pantang menyerah terhadap keadaan atau situasi apapun juga
Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi Pengertian dan faktor-faktor komitmen tinggi * Tes tertulis           * Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio                                          * Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio 5 2 1 Kewirausahaan 1, Drs Anting Tedja S.; Kewirausahaan 1, Mardiyatmo, LKS Kewirausahaan 1

    Menerapkan perilaku tepat waktu Mengetahui faktor-faktor yang menunjukkan seseorang mempunyai komitmen tinggi dalam keseharian aktivitas      

   
Memiliki semangat dan tahan uji dari setiap tantangan
Menerapkan perilaku tepat janji Menerapkan perilaku tepat waktu, tepat janji dalam kegiatan aktivitas keseharian baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan      

   
Memiliki kesabaran dan ketabahan di dalam berusaha

Menerapkan kepedulian terhadap mutu hasil kerja Menerapkan komitmen tinggi terhadap kepedulian mutu hasil pekerjaan        

   
Selalu bekerja, berjuang dan berkorban
Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri seperti disiplin, ulet dan ketabahan      

  1,6 Mengambil resiko usaha Identifikasi jenis-jenis resiko

Prinsip dasar resiko meliputi: pengertian, macam  dan unsur resiko Memahami pengertian resiko usaha, macam-macam  dan unsur-unsur   * Tes tertulis           * Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio                                          * Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio 6 2   Kewirausahaan 1, Drs Anting Tedja S.; Kewirausahaan 1, Mardiyatmo, LKS Kewirausahaan 1

    Memperkecil resiko yang merugikan
Manajemen resiko Mengelola resiko meliputi penanganan sendiri, cara menghindari, memperkecil dan mengalihkan resiko ke pihak lain            
  1.7 Membuat keputusan Alternatif pemecahan masalah Komunikasi Mengetahui pengertian dan faktor-fakotr  pengambilan  keputusan * Tes tertulis           * Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio                                          * Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio 6 2   Kewirausahaan 1, Drs Anting Tedja S.; Kewirausahaan 1, Mardiyatmo, LKS Kewirausahaan 1    
    Solusi memecahkan masalah Solusi pemecahan masalah * Merumuskan atau mendefinisikan masalah,persoalan dari suatu kejadian dengan membuat alternatif.           * Memecahkan masalah keseharian berdasarkan penugasan guru melalui diskusi            
    Resiko keberhasilan dan kegagalan dalam pengambilan keputusan Analisa SWOT * Mengambil keputusan berdasarkan kondisi yang  ditetapkan guru  melalui diskusi dengan analisa SWOT                          * Memperhitungkan resiko dalam membuat keputusan          












NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 1 KALIGONDANG







MATA PELAJARAN : KEWIRAUSAHAAN







KELAS/SEMESTER : 1\2








STANDART KOMPETENSI : Menerapkan Jiwa Kepemimpinan







KODE KOMPETENSI :








ALOKASI WAKTU :




















STANDART KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR



TM PS PI

2. Menerapkan Jiwa Kepemimpinan  2.1 Menunjukan  sikap pantang  menyerah dan  ulet Kegiatan usaha dilakukan dengan semangat, tidak putus asa, selalu ingin maju dan selalu mencari sesuatu yang baru sesuai dengan instrumen yang telah ditetapkan Hakikat pantang menyerah dan ulet Hakekat sikap pantang menyerah dan ulet * Tes tertulis           * Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio                                          * Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio 6 2   Kewirausahaan 1, Drs Anting Tedja S.; Kewirausahaan 1, Mardiyatmo, LKS Kewirausahaan 1

      Sikap pantang menyerah da ulet dalam kegiatan usaha Mempunyai sikap pantang menyerah dan ulet dengan keikut sertaan pada kegiatan di dudi        

  2.2 Mengelola  konplik Melakukan identifikasi terhadap konplik * Mengetahui penyebab, tipe, manfaat, dampak, jenis, pengelompokan, tahap terjadinya, penanggulangan dan cara mengelola konflik                  * Mengetahui dampak negatif dan positif dari konplik * Penyebab, tipe-tipe, dampak, jenis-jenis, kelompok, tahapan terjadinya, penanggulangan dan pengelolaan konflik   * Tes tertulis           * Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio                                          * Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio 6 2   Kewirausahaan 1, Drs Anting Tedja S.; Kewirausahaan 1, Mardiyatmo, LKS Kewirausahaan 1

    Memafaatkan konplik Memanfaatkan konflik positif dan mengatasi konplik negatif  Mengambil manfaat dari konfik yang terjadi dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit         

  2.3 Membangun  visi dan  misi usaha Menyusun visi dan misi perusahaan Mengetahui visi dan misi perusahaan Menjelaskan visi dan misi perusahaan * Tes tertulis           * Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio                                          * Hasil Penugasan dalam bentuk portofolio 6 2   Kewirausahaan 1, Drs Anting Tedja S.; Kewirausahaan 1, Mardiyatmo, LKS Kewirausahaan 1

    Menyusun rencana kegiatan sesuai dengan visi dan misi perusahaan Mengetahui kegiatan yang dapat digunakan untuk mencapai visi dan misi perusahaan Dapat menjalankan visi dan misi dalam kegiatan magang pada kegiatan usaha di unit usaha/unit produksi sekolah dalam program CBT      

                   





















































































































































































NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 1 KALIGONDANG







MATA PELAJARAN : KEWIRAUSAHAAN







KELAS/SEMESTER : II\1 dan 2








STANDART KOMPETENSI : Merencanakan Usaha Kecil/Mikro







KODE KOMPETENSI :








ALOKASI WAKTU :




















STANDART KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR



TM PS PI

3. Merencanakan Usaha Kecil/Mikro 3.1 Menganalisis peluang usaha Analisis peluang usaha yang didasarkan  kepada:           1. Jenis-jenis produk dan jasa  * Peluang dan resiko usaha                             * Faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha                                        * Mengembangkan ide dan peluang usaha  Mencari dan menemukan peluang usaha yang dekat dengan lingkungan siswa seperti kantin, rumah, program keahlian dsb Tes tertulis,Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen,Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio 12 2 2 Kewirausahaan 2, Drs Anting Tedja S.; Kewirausahaan 2, Mardiyatmo, LKS Kewirausahaan 2; Profil usaha yangberhasil

    2. Minat dan daya beli konsumen *  Menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan                   * memetakan peluang usaha                                        * Pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif Pengembangan ide kreatif dan inovatif yang dimiliki oleh siswa dalam bentuk nyata sesuai dengan program keahlian dalam bentuk program CBP, Mengetahui 10 macam penyebab keberhasilan dan kegagalan usaha

  3.2 Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha  Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha dilihat dari :  1. Organisasi usaha sederhana yang meliputi tujuan, sasaran, badan usaha dan bentuk organisasi *Tujuan dan asaran usaha                       *Bentuk-bentuk badan usaha                                  * Struktur organisasi sederhana                                       * Merumuskan tujuan dan sasaran usaha                                * Menetapkan bentuk badan usaha Membuat dan menyusun organisasi usaha sederhana yang didalamnya memuat  : tujuan, sasaran, badan usaha, dan bentuk organisasi yang sesuai dengan kondisi sebenarnya dilapangan Tes tertulis,Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen,Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio 44 4 2 Kewirausahaan 2, Drs Anting Tedja S.; Kewirausahaan 2, Mardiyatmo, LKS Kewirausahaan 2; Profil usaha yangberhasil

    2. Produksi yang meliputi alur  persediaan, proses produksi dan penyimpan-an hasil produksi * Produk dan jasa                   * Pengelolaan persediaan                                      * Proses produksi                          * Penyimpanan produk Membuat dan menyusun kegiatan usaha sederhana yang didalamnya memuat  : produk, produksi, penyimpanan dan perhitingan LIFO FIFO yang sesuai dengan kondisi sebenarnya dilapangan          

      Menyusun struktur organisasi sederhana , Menentukan jenis dan kualitas produk/jasa, Menghitung kebutuhan dan persediaan bahan baku, Merancang aliran proses produksi Membuat aliran proses produksi seperti tingkat kebutuhan persediaan barang, proses produksi dan cara penyimpanan hasil produksi pada kegiatan usaha di sekolah dan DUDI, Menghitung kebutuhan modal kerja dalam proses produksi, Melaksanakan proses produksi usaha pada program keahlian dalam bentuk program CBP          

    3,  Analisis perencanaan usaha dengan  aspek  administrasi usaha :                          *Perizinan usaha                                *Surat-menyurat,                                   *Pencatatan transaksi barang/jasa,                               *Pencatatan transaksi ke-uangan,                         *Pajak pribadi dan pajak usaha,                     *Membuat pembukuan sederhana Perizinan usaha Mengetahui pembuatan  perijinan usaha sesuai dengan bentuk badan usaha    

    Surat Menyurat, Pencatatan transaksi barang/jasa Pembuatan sistem administrasi usaha sederhana pada kegiatan usaha program keahlian dalam bentuk program CBP    

    Pencatatan transaksi keuangan, Pajak pribadi dan pajak usaha Pelaksananan administrasi usaha pada program keahlian dalam bentuk program CBP meliputi surat-menyurat, tata cara pencatatan transaksi dan pembukuan keuangan dan penghitungan pajak    

    4. Perencanaan usaha yang dianalisis aspek pemasaran :          * Teknik menjual             * Penetapan harga                           * Pelayanan prima Seni menjual , teknik promosi , Saluran dan jaringan distribusi Merencanakan dan membuat bentuk promosi bagi produk usaha sekolah    

    Menentukan saluran distribusi produk yang tepat    

     Harga jual, kepuasan pelanggan, Promosi, Negosiasi  Mengetahui dan ikut serta dalam  penetapan harga jual produk unit usaha/unit produksi sekolah    

    Melakukan pemasaran produk yang dihasilkan oleh unit usaha/unit produksi  sesuai dengan program keahlian dalam bentuk program CBP     

    5. Perencanaan usaha yang dianalisis aspek pemodalan dan pembiayaan usaha:  Permodalan, Pembiayaan usaha dan Analisa biaya dan pendapatan Teknik dan prosedur permodalan usaha  Mengumpulkan informasi proses pengajuan kredit pada LK, LKBB dan kredit pada Unit usaha/unit produksi sekolah    

     Rencana anggaran biaya (RAB) ,Proyeksi arus kas ,Titik pulang pokok (BEP), Laba / Rugi, Net Present Value (NPV) dan IRR Ikut serta menyusun RAB, menghitung arus kas, BEP, dan kelayakan usaha pada kegiatan usaha di sekolah (produk unit usaha/unit produksisekolah) sesuai program keahlian dalam bentuk program CBP    

  3.3 Menyusun proposal usaha  Proposal usaha disusun ber-dasarkan aspek pengelolaan usaha :Aspek organisasi dan produksi, Administrasi usaha, Pemasaran, Permodalan dan pembiayaan  usaha Prospek usaha Pembuatan Proposal usaha pengajuan kredit usaha baru sesuai dengan aspek-aspek pengelolaan usaha    10 4   Kewirausahaan 2, Drs Anting Tedja S.; Kewirausahaan 2, Mardiyatmo, LKS Kewirausahaan 2; Profil usaha yangberhasil

  Sistematika penyusunan proposal usaha Penyusunan proposal yang mampu dipahami oleh orang lain

  Membuat proposal usaha Penyusunan proposal usaha sesuai dengan program keahlian dalam bentuk program CBP      

                   

































































































































































































































































































NAMA SEKOLAH : SMK NEGERI 1 KALIGONDANG







MATA PELAJARAN : KEWIRAUSAHAAN







KELAS/SEMESTER : III / 1 dan 2








STANDART KOMPETENSI : Menjalankan  Usaha Kecil/Mikro







KODE KOMPETENSI :








ALOKASI WAKTU :
































STANDART KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR



TM PS PI

4. Mengelola usaha kecil/mikro 4.1 Mempersiapkan pendirian usaha Pendirian usaha dipersiapkan sesuai dengan proposal usaha meliputi :            - Ijin usaha           - Permodalan        - tempat usaha/lokasi        - Fasilitas dan bahan baku            - SDM             - administrasi Menerapkan isi proposal usaha dalam pendirian usaha sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan Mengetahui prosedur pengurusan izin usaha baru pada pihak yang berwenang, Membuat sistem pengelolaan keuangan pada usaha yang telah dibentuk, Menentukan dan mengurus tempat usaha, Mengetahui dan mampu mengadakan fasilitas dan bahan baku produksi,  Merekrut dan menempatkan SDM yang diperlukan sesuai denga kegatan usaha yang dirikan,  Mempersipakan administrasi usaha yang diperlukan dalam kegiatan usaha Tes tertulis,Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen,Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio 8 2   Kewirausahaan 3, Drs Anting Tedja S.; Kewirausahaan 3, Mardiyatmo, LKS Kewirausahaan 3

         

  4.2. Menghitung resiko menjalankan usaha Melakukan analisis aspek :     - keuangan         - potensi pasar          - produk             - pelanggan             - pesaing             - bahan baku/bahan produksi     Adanya data hasil analisis Melakukan analisis data dengan menggunakan pendekatan statistika seperti peluang, regresi korelasi                        Menyusun strategi yang sistematis untuk menjalankan usaha Mengetahui sistem analisis data dengan menggunkan pendekatan statistika                            Mengumpulkan, mneglompokkan data mengolah data dengan pendekatan statistika                            Menyusun strategi yang tepat untuk menjalankan usaha Tes tertulis,Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen,Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio 6 2   Kewirausahaan 3, Drs Anting Tedja S.; Kewirausahaan 3, Mardiyatmo, LKS Kewirausahaan 3

  4.3. Menjalankan usaha kecil Adanya dokumen pendirian usaha,       Adanya dokumen administrasi usaha,       Tersedianya bahan baku/bahan produksi,       Sumber daya manusia,              Permodalan sesuai dengan hasil analisis,       Tersedianya alat produksi,       Produk yang dihasilkan Menerapkan fungsi manajemen (Planing, Organising, actuating, controling) dalam aspek : - Pengelolaan fasilitas dan bahan                    - Mengelola SDM                 - Mengelola proses produksi                          - Mengelola keuangan              - Mengelola administrasi                    - Memasarkan produk Mengelola fasilitas dan bahan baku,                          Mengelola sumber daya manusia,                      Mengelola proses produksi sampai produk yang dihasilkan,            Mengelola keuangan,                          Mengelola administrasi,                          Memasarkan produk/jasa Tes tertulis,Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen,Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio 6 2   Kewirausahaan 3, Drs Anting Tedja S.; Kewirausahaan 3, Mardiyatmo, LKS Kewirausahaan 3

  4.4 Mengevaluasi hasil usaha Kinerja usaha dievaluasi berdasrkan kriteria keberhasilan usaha :              - Laporan keuangan           - Perhitungan rasio keuangan   - Rencana pengembangan usaha  Rasio keuangan,                     Teknik penyusunan laporan                              Teknik pengembangan usaha Menghitung rasio keuangan,                    Menyususn laporan pengelolaan usaha,                            Menyusun rencana pengembangan usaha Tes tertulis,Observasi/ pengamatan dengan menggunakan instrumen,Laporan kegiatan CBP dengan menggunakan instrumen dalam bentuk portofolio 4     Kewirausahaan 3, Drs Anting Tedja S.; Kewirausahaan 3, Mardiyatmo, LKS Kewirausahaan 3

                   


















Purbalingga,      Juli 2011






Kepala Sekolah


Guru Mata Pelajaran










































Drs Kusmanto


Muginah, S.Pd






NIP. 19600929 198703 1 006

 NIP. 19730520 200801 2 005




































































































0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More